Reliability Enhancement

Sesuai namanya workshop Reliability Enhancement yang baru saja selesai saya ikuti adalah upaya untuk meningkatkan Reliability (kehandalan) sistem produksi tempat kita bekerja. Upaya ini diawali dengan membuka mindset kami sebagai pekerja teknis di lapangan tentang “bisnis maintenance”. Untuk membuka wawasan kami diundanglah bapak Dr. Ir. Rachmat Kentardjo Bachrun yang mana beliau ini sosok seorang suhu yang sudah malang melintang di dunia maintenance dan sudah banyak memberikan pencerahan di berbagai perusahaan migas.

Profil beliau dapat dilihat di : http://id.linkedin.com/pub/rachmat-kentardjo-bachrun/2b/3b/6a5

Dalam  5 hari training yang dilaksanakan tanggal 5-9 april 2013 ini dimulai dengan pembahasan RCM secara umum dalam 2 hari pertama. Penjelasan tentang 6 kurva failure mode terutama dijelaskan secara mendetail kurva bak mandi “bathtub curve”.

 Image

Pada hari ke-3 dijelaskan tentang ECA (Equipment Reliability Analysis) dan contoh kasusnya.

Kadang penjelasan beliau diselingi dengan grafik2 dan rumus-rumus thermodinamika dan ilmu bahan yang cukup njlimet bila menyangkut suatu peralatan. Namun beliau dapat menjelaskannya dengan bahasa sederhana sehingga mudah ditangkap.

 Pada hari ke-empat diterangkan tentang RBD (Reliability Block Diagram) yang untuk menganalisa kehandalan suatu sistem dan hubungan antar peralatan satu dengan yang lainnya. Juga tentang penggunaan software Blocksim, Weibull, dan RGA.

Hari ke-5 atau terakhir membahas tentang FMEA sambil praktek langsung pemakaiannya dalam menganalisa failure mode gas engine yang cukup membuat peserta terlibat dalam diskusi yang cukup hangat.

Tentu saja workshop seperti ini sangat berguna karena dapat menimbulkan awareness terhadap peralatan yang ada dan agar implementasi RCM (yang ujung-ujungnya meningkatkan reliability dan mengurangi cost) ini “nyambung” antara manajemen dan pekerja lapangan sehingga tidak hanya berakhir pada dokumentasi saja.

Pos ini dipublikasikan di Review. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Reliability Enhancement

  1. ekoharsono berkata:

    aku di wei po’o softcopyne ben ketularan ilmune…..mosok isone mung ORD wae..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s