Menghadapi Tes Bahasa Inggris

Perusahaan migas umumnya selalu menggunakan bahasa Inggris dalam kesehariannya, baik lisan maupun tulisan. Entah itu meeting, presentasi, email, istilah-istilah, poster, manual book, dll. Untuk itu bahasa Inggris selalu ada dalam tes-tes masuk perusahaan Migas. Dapat dikatakan pintu gerbang untuk sukses masuk kesana.

Dulu pada waktu melamar Unocal tes bahasa Inggris yang harus dihadapi adalah TOEIC. Soal-soal tesnya sangat mirip dengan buku Barron’s TOEIC yang dijual di toko-toko buku besar. Pernah juga ikut tes di tempat lain soal-soal tesnya ada 100 soal, dan…grammar semua. Bahkan perusahaan manufaktur yang dulu pernah saya lamar, mengadakan tes bahasa Inggris juga.

Salah satu kendalanya adalah selama kita sekolah SMP/SMA kita belajar grammar dengan bagus. Namun semasa kuliah bertahun-tahun kita banyak bergelut di Reading-nya. Jadi setelah lulus, reading-nya bagus, namun grammar, apalagi speaking dan listening-nya jeblok.

Soal-soal tes bahasa Inggris tersebut seringkali banyak jumlahnya dengan batas waktu yang minimal. Untuk itu kita perlu “feeling” dalam mengerjakannya. Tentu mengasah feeling ini tidak bisa instant. Alangkah baiknya selama kita kuliah yaa baca-baca buku grammar dikit-dikit, listening, latihan speaking juga sangat membantu.

Salah satu buku yang bagus menurut saya adalah buku grammar karangan betty schrampfer azar. Buku ini banyak dijual di gramedia/gunung agung. Ada 3 level buku ini : berwarna merah “Basic English Grammar” untuk pemula, Berwarna Hitam “Fundamentals of English Grammar” untuk menengah, dan berwarna Biru “Understanding and using English grammar” untuk tingkat lanjut. Penjelasan grammar dalam buku ini cukup bagus, menggunakan american english, dan contoh-contoh soal yang tidak terlalu sulit namun juga tidak terlalu mudah. Lebih bagus beli yang ada jawabannya, ada tulisan with answer di sampulnya. Jadi cukup menantang.

Selamat belajar.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s