Wear Ring pada Centrifugal Pump

Pompa memindahkan liquid dari sisi hisap ke sisi keluaran (discharge). Pressure yang lebih tinggi pada discharge dapat mengalir balik ke suction  karena pressure-nya tentu saja lebih rendah. Liquid pada discharge akan mengalir melalui celah antara casing pompa dengan eye impeller. Akibat adanya kerugian di bagian dalam pompa ini (internal loss) dapat menyebabkan berkurangnya flow dan head centrifugal pump. Lihat alirannya pada gambar dibawah (bergaris merah).

Untuk mengatasi internal loss ini, celah antara casing pompa dengan eye impeller disisipi dengan wear rings. Ada 2 wear rings yang terpasang yaitu casing wear ring yang diam, dipasang pada casing dan impeller wear ring yang terpasang pada eye impeller dan ikut berputar.

Tentu saja kedua wear rings ini tidak boleh rapat sekali bersentuhan karena akan bergesekan sehingga panas dan dapat macet. Jadi masih ada celah yang akan teraliri cairan yang balik dari discharge sebagai pendingin dan lubrikasi kedua wear rings ini. Bila tidak terisi cairan (misalkan lupa tidak membuka suction valve) maka kedua wear rings ini akan bergesekan dan macet akibatnya unit pompa akan ikut macet juga dan tidak dapat beroperasi.

Setelah beroperasi dalam jangka waktu tertentu, celah ini tentu saja akan aus (worn) dan internal lossnya semakin banyak. Bila ini terjadi wear rings harus diganti. Penggantiannya  lebih murah dibandingkan dengan mengganti impeller dan casing secara keseluruhan. Jadi inilah keuntungan lainnya penggunaan wear rings yaitu lebih murah cost penggantiannya dibandingkan dengan mengganti seluruh casing dan impellernya.

Pos ini dipublikasikan di Pompa. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Wear Ring pada Centrifugal Pump

  1. iwan berkata:

    untuk penggantian case ring atopun impeller ring harus mengacu clearance dengan API standard. yang pastinya lebih bagus kalau pump rotor harus di balancing juga.

    regards.
    iwan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s